Dalam rangka mendekatkan kesesuain mutu tamatan yang meliputi kemampuan kerja dan sikap profesional serta jumlah tamatan dengan lapangan kerja, Departemen Pendidikan Nasional menempuh kebijakan untuk menyelenggarakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dan salah satu wujud penerapan PSG di SMK adalah dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) bagi siswanya.

Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kerjasama antara pihak sekolah dan industri/institusi yang berkorelasi dengan program keahlian di SMK yang meliputi perencanaan dan penyelenggaraan pendidikan, pelaksanaan pengujian, sertifikasi dan pemasaran produk maupun promosi tempat industri.

Dengan adanya PSG maka perkembangan yang terjadi di Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat menambah pengalaman dan dapat menjadi acuan dalam mengembangkan dan melengkapi fasilitas pendidikan di SMK Muhammadiyah Larangan Brebes. Kami menyadari bahwa sistem pendidikan kami masih perlu memberikan bimbingan dan pelatihan langsung kepada siswa/siswi kami tentang dunia usaha/industri. Oleh karena itu, kami banyak membutuhkan bantuan dari Dunia Usaha dan Dunia Industri untuk membimbing siswa/siswi kami agar menjadi tenaga-tenaga yang terampil, handal dan siap kerja.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan program Prakerin ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memudahkan langkah sukses kita semua.